IbadahShalat

Pengertian shalat dan dalil tentang wajibnya shalat bagi setiap Muslim

Pembahasan tentang shalat merupakan pembahasan dasar atau perkara awal dan utama dalam Islam, karena ketika seseorang telah bersyahadat (memeluk islam secara sukarela), maka kewajiban selanjutnya baginya adalah mengerjakan shalat. Setiap Muslim tentunya sudah paham bahwa shalat itu merupakan kewajiban, yang bermakna apabila dikerjakan maka mendapatkan pahala dan apabila ditinggalkan akan berdosa dan masuk neraka. Untuk itu pada artikel kali ini infoislam.id akan berbagi info atau ilmu tentang shalat, pengertian shalat dan dalil tentang kewajiban shalat, sebagai berikut.

Pengertian Shalat

Shalat (صلاه) berasal dari kata bahasa arab yang bermakna “doa”. Sedangkan menurut istilah shalat adalah rangkaian ibadah khusus yang dimulai dengan takbir (الله اكبر) dan diakhiri dengan salam. Ketika seorang Muslim shalat, maka ia menghadapkan hatinya kepada Allah ﷻ sebagai bentuk ibadah wajib bagi muslim laki-laki dan perempuan, berupa perkataan dan perbuatan (gerakan) tertentu yang didasarkan pada Nabi Muhammad ﷺ.

Baca Juga : Tata Cara Shalat Taubat sesuai Sunnah Nabi

Dalil tentang wajibnya shalat

Ada begitu banyak dalil-dalil yang menjelaskan tentang wajibnya shalat bagi setiap Muslim, baik dari Al-Quran maupun Hadits Nabi ﷺ. Berikut ini diantaranya :

وَأَقِيمُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُواْ ٱلزَّكَوٰةَ وَٱرۡكَعُواْ مَعَ ٱلرَّٰكِعِينَ

Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’. (Q.S. Al-Baqarah : 43)

Dalam ayat lain disebutkan :

ٱتۡلُ مَآ أُوحِيَ إِلَيۡكَ مِنَ ٱلۡكِتَٰبِ وَأَقِمِ ٱلصَّلَوٰةَۖ إِنَّ ٱلصَّلَوٰةَ تَنۡهَىٰ عَنِ ٱلۡفَحۡشَآءِ وَٱلۡمُنكَرِۗ وَلَذِكۡرُ ٱللَّهِ أَكۡبَرُۗ وَٱللَّهُ يَعۡلَمُ مَا تَصۡنَعُونَ 

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Q.S. Al-Ankabut : 45)

Dalam sebuah hadits disebutkan :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْعَهْدُ الَّذِي بَيْنَنَا وَبَيْنَهُمْ الصَّلَاةُ فَمَنْ تَرَكَهَا فَقَدْ كَفَرَ

Dari Abdullah bin Buraidah dari bapaknya dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Perjanjian antara kami dan mereka adalah shalat, maka barangsiapa yang meninggalkannya maka dia sungguh telah kafir.” (H.R. Tirmidzi No. 2545)

Dalam sebuah hadits, Dari Muadz bin Jabal, Rasulullah ﷺ bersabda :

رَأْسُ الْأَمْرِ الْإِسْلَامُ وَعَمُودُهُ الصَّلَاةُ وَذِرْوَةُ سَنَامِهِ الْجِهَادُ

“Pokok dari perkara agama adalah Islam, tiangnya adalah shalat, sedangkan puncaknya adalah jihad. (H.R. Tirmidzi No. 2541)

Syarat-Syarat Shalat

  1. Islam
  2. Baligh dan Berakal (tidak gila)
  3. Suci dari Hadas atau Najis (dengan cara berwudhu atau Mandi Janabah)
  4. Suci dari najis pada pakaian, dan tempat shalat
  5. Menutup aurat

Aurat laki-laki : Antara pusat dan lutut

Aurat Perempuan : Seluruh Tubuh kecuali Wajah dan Telapak tangan

  1. Telah masuk waktu shalat
  2. Menghadap kiblat
  3. Mengetahui tata cara shalat dengan benar sesuai sunnah

Hendaklah kewajiban shalat  ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, dan dibenamkan kedalam hati dan jiwa kita, dan anak-anak kita secara cermat serta perintahkanlah anak-anak kita melakukannya sejak masih kecil.  Demikian artikel tentang pengertian shalat dan dalil tentang shalat, semoga memberikan manfaat bagi kita semua, amin

 

Tags
Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close