IbadahShalat

Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah di Masjid

Shalat merupakan amalan yang paling utama dalam Islam, ketika seseorang telah memeluk Islam maka shalat merupakan perkara yang harus ia ketahui terlebih dahulu, dikarenakan shalat merupakan tiangnya agama. Adapun shalat subuh merupakan salah satu dari 5 (lima) shalat wajib yang harus dilakukan bagi setiap muslim karena merupakan perintah Allah ﷻ. Lantas apakah keutamaan shalat subuh ? Pada artikel kali ini infoislam.id akan mencoba membahas nya untuk anda sebagai berikut.

Keutamaan Shalat Subuh

Ketika seorang Muslim melaksanakan shalat subuh secara berjamaah di masjid, maka ia akan memperoleh berbagai macam keutamaan, dan diantara keutamaan shalat subuh berjamaah adalah :

1. Memperoleh Pahala yang Besar

Seorang muslim yang melaksanakan shalat subuh berjamaah, maka akan memperoleh pahala 27 derajat lebih banyak daripada shalat sendirian. Selain itu setiap langkah yang ia lakukan ketika menuju masjid maka akan dihitung. Rasululullah ﷺ bersabda :

عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ صَلَاةُ الْجَمَاعَةِ تَفْضُلُ عَلَى صَلَاةِ الْفَذِّ بِسَبْعٍ وَعِشْرِينَ دَرَجَةً

Dari Ibnu ‘Umar bahwa Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda, “Shalat berjamaah lebih utama daripada shalat sendirian, dengan kelebihan dua puluh tujuh derajat.” (H.R. Nasai No. 282)

2. Berada dalam Jaminan Allah

Seseorang yang melaksanakan shalat subuh berjamaah dengan sempurna, khusuk, maka ia akan memperoleh jaminan dari Allah ﷻ. Sebagaimana dalam sebuah hadits disebutkan :

عَنْ أَنَسِ بْنِ سِيرِينَ قَالَ سَمِعْتُ جُنْدَبَ بْنَ عَبْدِ اللَّهِ يَقُولُا قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى الصُّبْحَ فَهُوَ فِي ذِمَّةِ اللَّهِ فَلَا يَطْلُبَنَّكُمْ اللَّهُ مِنْ ذِمَّتِهِ بِشَيْءٍ فَيُدْرِكَهُ فَيَكُبَّهُ فِي نَارِ جَهَنَّمَ

Dari Anas bin Sirin katanya; aku mendengar Jundab bin Abdullah berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa shalat subuh, maka ia berada dalam jaminan Allah, oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu dari kalian sebagai imbalan jaminan-Nya, sehingga Allah menangkapnya dan menyungkurkannya ke dalam neraka jahannam.” (H.R. Muslim No. 1050)

3. Penyebab Masuk Surga

Keutamaan selanjutnya dari shalat subuh berjamaah adalah merupakan penyebab seseorang masuk surge, sebagaima disebutkan dalam hadits sebagai berikut :

عَنْ أَبِي بَكْرٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ صَلَّى الْبَرْدَيْنِ دَخَلَ الْجَنَّةَ

Dari Abu Bakr dari Ayahnya (Abu Musa), bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa shalat pada kedua waktu dingin (ashar dan subuh), maka ia akan masuk surga.” (H.R. Muslim No.1005)

4. Terhindar dari Api Neraka

Dan juga keutamaan dari shalat subuh berjamaah adalah dapat menghindarkan diri dari api neraka, sebagaimana sabda Nabi ﷺ berikut :

عَنْ ابْنِ عُمَارَةَ بْنِ رُؤَيْبَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَلِجُ النَّارَ مَنْ صَلَّى قَبْلَ طُلُوعِ الشَّمْسِ وَقَبْلَ غُرُوبِهَا

Dari Ibnu ‘Umarah bin Ru’aibah dari Ayahnya dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Tidak akan masuk neraka seseorang yang shalat sebelum terbit matahari dan sebelum terbenamnya.” (H.R. Muslim No.1004)

5. Mendapat Pahala Shalat Tahajjud Sepanjang Malam

Keutamaan shalat subuh lainnya yang tidak kalah besarnya adalah memperoleh pahala shalat tahajjud (qiyamullail) sepanjang malam. Keutamaan ini sangat besar karena akan sangat sulit bahkan mustahil bagi kita untuk melaksanakan shalat tahajjud sepanjang malam (dari isya sampai subuh) kecuali orang-orang pilihan seperti para Nabi dan Rasul. Keutamaan shalat subuh ini dijelaskan dalam hadits sebagai berikut :

عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ فِي جَمَاعَةٍ كَانَ كَقِيَامِ نِصْفِ لَيْلَةٍ وَمَنْ صَلَّى الْعِشَاءَ وَالْفَجْرَ فِي جَمَاعَةٍ كَانَ كَقِيَامِ لَيْلَةٍ

Dari Utsman bin Affan dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa yang mengerjakan shalat Isya secara berjamaah, itu seperti beribadah setengah malam dan barangsiapa yang mengerjakan shalat Isya dan Subuh secara berjamaah, maka ia seperti beribadah semalam.” (H.R. Abu Dawud No. 468)

Baca Juga : Dzikir dan Doa Setelah Sholat Fardu

Demikianlah pembahasan tentang Keutamaan shalat subuh secara berjamaah, semoga bermanfaat dan dapat semakin menambah wawasan keislaman kita, Amin

Tags
Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close