Hikmah

Inilah Keutamaan dan Hikmah Surat Al Masad

Bila kita teliti secara seksama, tidak ada dalil khusus yang menerangkan tentang keutamaan Surat Al Masad atau dikenal juga dengan sebutan surat Al-Lahab. Namun tentu ada terkandung hikmah surat Al Masad ini. Surat ini merupakan surat ke-111 dalam Al-Quran, terdiri dari 5 (lima) ayat dan termasuk dalam surat makiyyah. Nama surat ini diambil dari kata surat Al Masad (Tali dari Sabut) atau Al-Lahab (gejolak api). Inti dari Surat ini adalah menceritakan tentang paman Rasulullah ﷺ yakni Abu Lahab dan juga isterinya yang diancam dengan siksaan api neraka. Sebagaimana kita ketahui bahwa Paman Rasulullah ﷺ termasuk orang-orang yang menentang dengan keras dakwah Beliau ﷺ tentang Islam. Allah ﷻ berfirman :

تَبَّتۡ يَدَآ أَبِي لَهَبٖ وَتَبَّ مَآ أَغۡنَىٰ عَنۡهُ مَالُهُۥ وَمَا كَسَبَ سَيَصۡلَىٰ نَارٗا ذَاتَ لَهَبٖ وَٱمۡرَأَتُهُۥ حَمَّالَةَ ٱلۡحَطَبِ فِي جِيدِهَا حَبۡلٞ مِّن مَّسَدِۢ

“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah berfaedah baginya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang di lehernya ada tali dari sabut.” (Q.S. Al-Masad : 1-5)

Ibnu Katsir Rahimahullahu Ta’ala ketika menafsirkan surat Al Masad ini, dalam kitabnya disebutkan :

Ketika turun surat Al Masad, seorang wanita yang buta sebelah matanya, Ummu Jamil binti Harb muncul, di mana dia mempunyal lengkingan (suara) yang sangat tinggi sedang di tangannya terdapat batu. Dia mengatakan:

Muzammiman Abainaa, Wadiinuhu Qallaynaa, Waamruhuu Ashainaa

“Dia orang hina yang kami abaikan, agamanya kami remehkan, dan perintahnya pun selalu kami durhakai.”

Dan Rasulullah ﷺ duduk di sebuah masjid bersama Abu Bakar. Ketika melihatnya (isteri Abu Lahab), Abu Bakar berkata: “Wahai Rasulullah, dia telah muncul sedang aku khawatir dia akan mehhatmu.” Maka Rasulullah ﷺ bersabda: “Sesungguhnya dia tidak akan pernah melihatku.” Dan beliau membaca Firman Allah ﷻ :

وَإِذَا قَرَأۡتَ ٱلۡقُرۡءَانَ جَعَلۡنَا بَيۡنَكَ وَبَيۡنَ ٱلَّذِينَ لَا يُؤۡمِنُونَ بِٱلۡأٓخِرَةِ حِجَابٗا مَّسۡتُورٗا

“Dan apabila kamu membaca Al Quran niscaya Kami adakan antara kamu dan orang-orang yang tidak beriman kepada kehidupan akhirat, suatu dinding yang tertutup.” (Q.S. Al-Isra’ : 45)

Kemudian dia (istri Abu Lahab) datang sehingga berhenti dekat Abu Bakar tanpa melihat Rasulullah ﷺ, lalu dia berkata: “Wahai Abu Bakar, Sesunggunnya aku diberitahu bahwa Sahabatmu telah mencaciku.” Abu Bakar berkata : “Tidak. Demi Rabb Pemelihara rumah ini, dia tidak mencacimu.” Kemudian dia berpaling seraya berkata: “Kaum Qurausy telah mengetahui kalau aku anak perempuan pemukanya.”

Para ulama mengatakan: “Dan di dalam surat ini terkandung mukjizat firman yang sangat nyata dan dalil yang sangat jelas tentang kenabian, di mana sejak turunnya ayat ini, Allah ﷻ mengabarkan bahwa keduanya (Abu Lahab dan istrinya) akan mendapat kesengsaraan tidak akan beriman. Keduanya atau salah satu dari keduanya tidak akan pernah beriman, baik lahır maupun batin, secara terang-terangan maupun secara secara sembunyi-sembunyi, dan ini merupakan bukti yang paling kuat dan jelas yang menunjukkan kenabian.

Baca Juga : Inilah Keutamaan Shalat Subuh Berjamaah

Demikinlah pembahasan tentang keutamaan dan hikmah surat Al Masad, semoga bermanfaat dan menambah wawasan keislaman kita, Amin

Penulis : Abu Abdillah

Tags
Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close