Hikmah

Inilah Ciri Lelaki yang Sholeh Menurut Islam

Memiliki lelaki yang sholeh memang menjadi impian banyak orang, khususnya kaum hawa. Hal ini dapat dimengerti karena lelaki yang shaleh dapat membimbing, mengayomi, dan membahagiakan pasangannya, orangtuanya, serta menjadi panutan bagi keluarganya. Lantas apakah kriteria lelaki yang sholeh ini menurut pandangan Islam ? Tentu saja panutan dari setiap lelaki yang sholeh adalah Rasulullah ﷺ itu sendiri, sehingga kriteria lelaki yang shaleh haruslah selalu didasarkan kepada Beliau. Untuk itu pada kesempatan ini infoislam akan berbagi info tentang ciri – ciri lelaki yang sholeh sebagai berikut :

1. Taat Beribadah Kepada Allah

Ciri yang pertama dari lelaki yang sholeh adalah seorang lelaki yang taat beribadah kepada Allah ﷻ. Seseorang yang taat kepada Allah tentu akan selalu melaksanakan kebaikan karena itu merupakan perintah Allah dan akan selalu meninggalkan maksiat sebagai bentuk ketaatannya kepada Allah. Selain itu ia juga akan selalu mengajak keluarganya kepada ketaatan dan menjaga keluarganya agar terhindar dari hal-hal yang dimurkai Allah. Semua itu ia lakukan hanya untuk Allah sebagi bentuk ketaatannya. Allah ﷻ berfirman :

قُلۡ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحۡيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ

Katakanlah: “sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah Rabb alam  semesta.” (Q.S. Al-An’am : 162)

2. Memiliki Akhlak dan Perangai yang Baik

Seorang lelaki yang shalih pasti mempunyai Akhlak yang mulia baik terhadap sesame manusia, hewan, alam, dan terhadap TuhanNya. Rasulullah ﷺ digambarkan sebagai manusia yang paling mulia akhlaknya, dan diutus untuk menyempurnakan akhlak ummatnya, sehingga seseorang yang shaleh pasti akan selalu mencontoh Beliau ﷺ. Sebagaimana dalam hadits disebutkan :

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ

“Sesungguhnya aku (Nabi Muhammad ﷺ) diutus untuk menyempurnakan akhlaq yang shaleh.” (HR. Ahmad  No. 2/381)

3. Dapat Menjaga Pandangan dan Kesucian Diri

Seorang lelaki yang sholeh akan selalu menundukkan pandangannya ketika melihat wanita yang bukan mahramnya. Hal ini dikarenakan keimanan dan ketaatannya kepada Allah ﷻ. Sebagaimana dalam firmanNya :

قُل لِّلۡمُؤۡمِنِينَ يَغُضُّواْ مِنۡ أَبۡصَٰرِهِمۡ وَيَحۡفَظُواْ فُرُوجَهُمۡۚ ذَٰلِكَ أَزۡكَىٰ لَهُمۡۚ إِنَّ ٱللَّهَ خَبِيرُۢ بِمَا يَصۡنَعُونَ 

“Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.” (Q.S. An-Nur : 30)

4. Bersikap Lemah Lembut

Seorang Lelaki yang perangai lembut juga merupakan salah satu ciri lelaki yang sholeh. Dengan bersifat yang lemah lembut, maka ia tidak akan mudah marah, dan akan pengertian terhadap pasangannya sehingga ketika berumah tangga, maka akan tercipta keluarga yang rukun, bahagia, da harmonis. Sebagimana dalam sebuah hadits disebutkan:

فَقَالَ لِي يَا عَائِشَةُ ارْفُقِي فَإِنَّ الرِّفْقَ لَمْ يَكُنْ فِي شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا زَانَهُ وَلَا نُزِعَ مِنْ شَيْءٍ قَطُّ إِلَّا شَانَهُ

Beliau (Rasulullah ﷺ) berkata kepadaku (Aisyah): “Wahai Aisyah, bersikaplah lembut, sesungguhnya kelembutan tidaklah ada pada sesuatu kecuali akan menghiasinya dan tidaklah tercabut dari sesuatu melainkan akan memberikan aib padanya.” (H.R. Abu Dawud No. 2119)

 5. Baik terhadap Keluarganya

Lelaki yang sholeh adalah lelaki yang baik terhadap keluarganya dalam hal ini adalah terhadap istrinya. Seorang lelaki yang shaleh akan selalu membantu dan meringankan beban istrinya  dalam hal pekerjaan rumah tangga. Karena ia akan berusaha bermanfaat baik ketika diluar ruangan ataupun didalam rumah. Dalam sebuah hadits disebutkan :

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُكُمْ خَيْرُكُمْ لِأَهْلِهِ وَأَنَا خَيْرُكُمْ لِأَهْلِي

Dari Ibnu Abbas dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Orang yang paling baik di antara kalian adalah orang yang paling baik terhadap isterinya, dan aku adalah orang yang paling baik terhadap isteriku.” (H.R. Ibnu Majah No. 1967)

Demikianlah pembahasan tentang ciri lelaki yang shaleh menurut islam, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan keislaman kita, Amin

Tags
Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close