AmalanHikmah

Inilah 7 Manfaat Bersyukur Kepada Allah Menurut Islam

Kata Syukur berasal dari bahasa Arab yang bermakna “Menghargai” atau “Memuji”. Sedangkan menurut syara bersyukur adalah menghargai nikmat yang telah Allah ﷻ berikan kepada kita. Banyak orang yang mengenal kata syukur, namun tidak banyak yang memahaminya atau melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Padahal manfaat bersyukur itu banyak sekali. Untuk itu pada kesempatan ini infoislam.id akan membahas beberapa manfaat bersyukur kepada Allah ﷻ berdasarkan dalil dari Al-Quran dan Hadits Rasulullah ﷺ, sebagai berikut :

1. Diridhai oleh Allah

Orang yang senantiasa bersyukur tentu akan membuat Allah ﷻ ridha terhadapnya. Hal ini ditegaskan dalam Al-Quran sebagai berikut :

وَإِن تَشۡكُرُواْ يَرۡضَهُ لَكُمۡۗ

“Dan jika kamu bersyukur, niscaya Dia meridhai bagimu kesyukuranmu itu” (Q.S. Az-Zumar : 7)

2. Diampuni dosa-dosanya

Diantara manfaat bersyukur adalah akan diampuninya dosa-dosa. Dan salah satu bentuk syukur kita adalah mengucapkan “Alhamdulillah” atau dengan berdoa kepada Allah. Dalam sebuah hadits disebutkan :

عَنْ سَهْلِ بْنِ مُعَاذِ بْنِ أَنَسٍ عَنْ أَبِيهِ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ أَكَلَ طَعَامًا فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَطْعَمَنِي هَذَا وَرَزَقَنِيهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّي وَلَا قُوَّةٍ غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Dari Sahl bin Mu’adz bin Anas dari ayahnya, ia berkata; Rasulullah shallallahu wa’alaihi wa sallam bersabda: “Barang siapa yang makan makanan kemudian mengucapkan; (Segala puji bagi Allah yang telah memberiku minum ini, dan merizkikan kepadaku tanpa daya serta kekuatan dariku) maka diampuni dosanya yang telah lalu.” (H.R. Tirmidzi No.3380)

3. Rezekinya (nikmat) akan bertambah

Manfaat bersyukur berikutnya adalah, rezekinya ataupun nikmat yang Allah ﷻ berikan kepadanya akan selalu bertambah. Sebaliknya orang yang tidak mau bersyukur maka Allah memberinya peringatan bahwa AzabNya Allah itu sangat pedih. Allah ﷻ berfirman :

وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَئِن شَكَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡۖ وَلَئِن كَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٞ

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. (Q.S. Ibrahim : 7)

4. Keutamaan Seperti Orang yang Berpuasa

Manfaat bersyukur berikutnya adalah, ia akan mendapat keutamaan seperti orang yang puasa dan sabar. Dalam sebuah hadits disebutkan :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ الطَّاعِمُ الشَّاكِرُ بِمَنْزِلَةِ الصَّائِمِ الصَّابِرِ

Dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Orang yang makan lagi bersyukur seperti seorang yang berpuasa lagi bersabar.” (H.R. Ibnu Majah No. 1754)

5. Pahalanya dilipatgandakan

Manfaat bersyukur berikutnya adalah, pahalanya akan dilipatgandakan. sebagaimana dalam hadits berikut, orang yang mengucapkan kalimat hamdalah (ucapan syukur) akan diberi 30 (tiga puluh) kebaikan. 

إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ اصْطَفَى مِنْ الْكَلَامِ أَرْبَعًا سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَاللَّهُ أَكْبَرُ قَالَ وَمَنْ قَالَ سُبْحَانَ اللَّهِ كُتِبَتْ لَهُ بِهَا عِشْرُونَ حَسَنَةً وَحُطَّ عَنْهُ عِشْرُونَ سَيِّئَةً وَمَنْ قَالَ اللَّهُ أَكْبَرُ فَمِثْلُ ذَلِكَ وَمَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ فَمِثْلُ ذَلِكَ وَمَنْ قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ مِنْ قِبَلِ نَفْسِهِ كُتِبَ لَهُ بِهَا ثَلَاثُونَ حَسَنَةً وَحُطَّ عَنْهُ بِهَا ثَلَاثُونَ سَيِّئَةً

“Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla telah memilih empat perkataan, yaitu subhanallah, alhamdulillah, laa ilaaha ilallah, dan allahu akbar. Barangsiapa mengucapkan “Subhanallah” maka akan dituliskan untuknya dua puluh kebaikan dan dihapuskan darinya dua puluh kesalahan. Barangsiapa mengucapkan “Allahu Akbar” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Barangsiapa mengucapkan “Laa ilaaha illallah” maka akan dituliskan untuknya seperti itu pula. Dan barangsiapa mengucapkan “Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin” dari dalam hatinya, maka akan dituliskan baginya tiga puluh kebaikan dan dihapuskan darinya tiga puluh kesalahan.” (HR. Ahmad no. 8032)

 6. Terhindar dari Keburukan / Azab

Manfaat bersyukur berikutnya adalah, ia akan terhindar dari azab ataupun keburukan. Allah ﷻ berfirman :

مَّا يَفۡعَلُ ٱللَّهُ بِعَذَابِكُمۡ إِن شَكَرۡتُمۡ وَءَامَنتُمۡۚ وَكَانَ ٱللَّهُ شَاكِرًا عَلِيمٗا

“Tidaklah Allah akan mengazabmu, jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui. (Q.S. An-Nisa : 147)

Dalam sebuah hadit disebutkan :

عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ رَأَى صَاحِبَ بَلَاءٍ فَقَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي عَافَانِي مِمَّا ابْتَلَاكَ بِهِ وَفَضَّلَنِي عَلَى كَثِيرٍ مِمَّنْ خَلَقَ تَفْضِيلًا إِلَّا عُوفِيَ مِنْ ذَلِكَ الْبَلَاءِ كَائِنًا مَا كَانَ مَا عَاشَ

Dari Umar bahwa Rasulullah shallallahu wa’alaihi wa sallam bersabda: Barang siapa yang melihat orang yang tertimpa musibah kemudian mengucapkan: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkanku dari musibah yang diberikan kepadamu, dan melebihkanku atas kebanyakan makhluk ciptaanNya, maka ia diselamatkan dari ujian tersebut, apapun hal tersebut selama ia masih hidup.” (H.R. Tirmidzi No. 3353)

7. Mendapatkan Ganjaran di Dunia dan Akhirat

Orang yang senantiasa bersyukur, baik saat susah maupun senang, maka Allah ﷻ mencintainya dan menjanjikannya ganjaran, baik itu di dunia dan di akhirat. Allah ﷻ berfirman :

وَسَنَجۡزِي ٱلشَّٰكِرِينَ

“Dan kami akan memberi ganjaran kepada orang-orang yang bersyukur.” (Q.S. Ali-Imran : 145)

Menurut Tafsir Ibnu Katsir Rahimahullah, bahwa ayat ini maksudnya adalah : bahwa Allah ﷻ akan memberikan karunia dan rahmat di dunia dan diakhirat sesuai dengan rasa syukur dan amalan mereka.

Baca Juga : Anjuran dan Keutamaan Berdoa

Demikianlah pembahasan tentang manfaat bersyukur menurut Islam, semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan keislaman kita, Amin

Penulis : Abu Abdillah

Tags
Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close