AmalanDoa dan Dzikir

Doa Sayyidul Istighfar dan keutamaannya

Bila kita mendengar kalimat “Istighfar” tentu hal tersebut bukanlah sesuatu yang asing lagi kita Umat Islam. Istighfar sendiri berarti memohon ampunan, atau sebuah lafadz / ucapan yang diucapkan oleh seorang hamba untuk memohon ampunan kepada Allah ﷻ.  Ada banyak sekali keutamaan dan hikmah dari ucapan istigfar, khususnya doa sayyidul istighfar ini. Dan berikut ini infoislam.id akan mencoba membahasanya.

Pengertian Sayyidul Istighfar (سيد الإسغفار)

Sayyid (سيد) adalah sebuah kata bahasa arab yang beramakna “tuan” atau “penghulu”, sedangkan istighfar (الإسغفار) adalah memohon ampunan, sehingga sayyidul istighfar (سيد الإسغفار) bermakna  “Tuan nya Istighfar” atau “penghulunya istighfar” sehingga dapat diartikan bahwa sayyidul istighfar adalah jenis istighfar yang paling baik, istighfar yang paling utama, atau istighfar yang paling tinggi, dari segala jenis istighfar yang ada.

Doa Sayyidul Istighfar

Telah menceritakan kepada kami Abu Ma’mar telah menceritakan kepada kami Abdul Warits telah menceritakan kepada kami Al Husain telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Buraidah dia berkata; telah menceritakan kepadaku Busyair bin Ka’b Al ‘Adawi dia berkata :

حَدَّثَنِي شَدَّادُ بْنُ أَوْسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَيِّدُ الِاسْتِغْفَارِ أَنْ تَقُولَ اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَا اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوءُ لَكَ بِذَنْبِي فَاغْفِرْ لِي فَإِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلَّا أَنْتَ

Telah menceritakan kepadaku Syaddad bin Aus radliallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam; “Sesungguhnya istighfar yang paling baik adalah, kamu mengucapkan:

‘ALLAHUMMA ANTA RABBI LAA ILAAHA ILLA ANTA KHALAQTANI WA ANA ‘ABDUKA WA ANA ‘ALA ‘AHDIKA WA WA’DIKA MASTATHA’TU A’UUDZU BIKA MIN SYARRI MAA SHANA’TU ABUU`U LAKA BIDZANBI WA ABUU`U LAKA BINI’MATIKA ‘ALAYYA FAGHFIRLI FA INNAHU LAA YAGHFIRU ADZ DZUNUUBA ILLA ANTA

Ya Allah, Engkau adalah Tuhanku, tidak ada Tuhan yang berhak diibadahi selain Engkau. Engkau telah menciptakanku dan aku adalah hamba-Mu. Aku menetapi perjanjian-Mu dan janji-Mu sesuai dengan kemampuanku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan perbuatanku, aku mengakui dosaku kepada-Mu dan aku akui nikmat-Mu kepadaku, maka ampunilah aku. Sebab tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain-Mu.” (H.R. Bukhari No.5831)

Keutaman Sayyidul Istigfar

Masih diriwayatkan oleh perawi yang sama dengan Hadits diatas, Rasulullah ﷺ bersabda :

قَالَ وَمَنْ قَالَهَا مِنْ النَّهَارِ مُوقِنًا بِهَا فَمَاتَ مِنْ يَوْمِهِ قَبْلَ أَنْ يُمْسِيَ فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ وَمَنْ قَالَهَا مِنْ اللَّيْلِ وَهُوَ مُوقِنٌ بِهَا فَمَاتَ قَبْلَ أَنْ يُصْبِحَ فَهُوَ مِنْ أَهْلِ الْجَنَّةِ

Beliau bersabda: “Jika ia mengucapkan (sayyidul istigfar) di waktu siang dengan penuh keyakinan lalu meninggal pada hari itu sebelum waktu sore, maka ia termasuk dari penghuni surga. Dan jika ia membacanya di waktu malam dengan penuh keyakinan lalu meninggal sebelum masuk waktu pagi, maka ia termasuk dari penghuni surga.” (H.R. Bukhari No.5831)

Baca Juga : Amalan yang dapat mendatangkan banyak Rezeki

Inilah pembahasan tentang artikel Doa Sayyidul Istigfar serta keutamannya, semoga bermanfaat dan semakin menambah keislaman kita semua, Amin

Tags
Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close