Amalan

Kumpulan Doa Nabi Yusuf beserta Arab, Latin, dan Artinya

Infoislam.id – Nabi Yusuf alaihissalam merupakan salah satu dari 25 Nabi dan Rasul yang terkenal dikalangan umat Islam. Nama dan Doa Nabi Yusuf alaihissalam sebutkan beberapa kali dalam Al-Quran, bahkan Beliau memiliki surah tersendiri dalam Al-Quran, yakni surah ke-12 yang dikenal dengan surah Yusuf.

Informasi tentang Nabi Yusuf dalam Al-Quran juga ada banyak, diantaranya adalah Nabi Yusuf merupakan putra dari Nabi Yaqub yang merupakan putra dari Nabi Ishaq, yang meruapakan putra dari Nabi Ibrahim alaihissalam. Nabi Yusuf alaihissalam juga memiliki saudara (adik) kandung (Bunyamin) dan memiliki beberapa saudara tiri lainnya.

Baca juga : Doa Untuk Memikat Hati Wanita

Nabi Yusuf alaihissalam dikaruniai oleh Allah dengan mukjizat berupa paras wajah yang sangat tampan, yang sempat membuat istri bangsawan mesir (Zulaikha) terpikat kepadanya. Selain itu Nabi Yusuf alaihissalam  juga memiliki kemampuan untuk mentakwil atau mengartikan mimpi, yang akhirnya membawa Nabi Yusuf alaihissalam  menjadi salah satu orang terdekat Raja Mesir pada waktu itu.

Namun bila kita perhatikan dengan seksama, bahwa kehidupan Nabi Yusuf alaihissalam sebelumnya bukanlah kehidupan yang menyenangkan. Pasalnya Nabi Yusuf dibenci oleh saudara tirinya hingga hampir dibunuh, dan pada akhirnya Nabi Yusuf alaihissalam  dimasukkan ke dalam sumur, lalu ditemukan oleh para musafir, dibawa ke Mesir dan dijadikan Budak, dibebaskan oleh bangsawan mesir, dituduh berbuat mesum, hingga kemudian dipenjara. Itulah beberapa cobaan hidup yang pernah menghampirinya. Namun atas izin Allah taala hal itu bisa dapat dilalui dengan iktiar dan doa-doa yang selalu ia amalkan.

Berikut ini adalah beberapa doa Nabi Yusuf alaihissalam berserta artinya sebagaimana yang dilansir oleh infoislam.id yang diperoleh dari berbagai sumber.

1. Doa Nabi Yusuf meminta diwafatkan dalam keadaan Islam

أَنتَ وَلِيِّۦ فِي ٱلدُّنۡيَا وَٱلۡأٓخِرَةِۖ تَوَفَّنِي مُسۡلِمٗا وَأَلۡحِقۡنِي بِٱلصَّٰلِحِينَ

Anta waliyyi fid dunya wal akhirah tawaffani muslimaw wa alhiqni bis sholihin

“Engkaulah Pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan Islam dan gabungkanlah aku dengan orang-orang yang saleh. ” (Q.S.Yusuf : 101)

2. Bacaan Doa Nabi Yusuf ketika digoda oleh istri majikannya

رَبِّ ٱلسِّجۡنُ أَحَبُّ إِلَيَّ مِمَّا يَدۡعُونَنِيٓ إِلَيۡهِۖ وَإِلَّا تَصۡرِفۡ عَنِّي كَيۡدَهُنَّ أَصۡبُ إِلَيۡهِنَّ وَأَكُن مِّنَ ٱلۡجَٰهِلِينَ

“Rabbis sijnu ahabbu ilayya mimma yadh’unani ilaihi. Wa illa tashrif anni kaydahunna ashbu ilayhinna wa akum minal jahilin”

“Wahai Tuhanku, penjara lebih aku sukai daripada memenuhi ajakan mereka kepadaku. Dan jika tidak Engkau hindarkan dari padaku tipu daya mereka, tentu aku akan cenderung untuk (memenuhi keinginan mereka) dan tentulah aku termasuk orang-orang yang bodoh”. (Q.S. Yusuf : 33)

3. Bacaan Doa Nabi Yusuf ketika bercermin.

اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَنْتَ خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي

Allahumma kama hassanta khalqi fahassin khuluqi

“Ya Allah sebagaimana engau telah menciptakan ku dengan, maka perbaiki pula lah akhlak ku.” (H.R. Ahmad)

4. Bacaan Doa agar disukai sebagaimana Nabi Yusuf

اَللَّهُمَّ جْعَلْنِي نُوْرَ يُوسُفَ عَلَي وَجْهِي فَمَن رَاَنِي يُحِبُّنِي مَحَبَّتَنِي

“Allahummaj ‘alnii nuuru yusufa ala ‘wajhii fa man roaanii yuhibbunii mahabbatani.”

“Ya Allah jadikanlah nur cahaya (ketampanan) Nabi Yusuf AS atas wajah ku, barang siapa melihat ku dia menjadi suka dan cinta kasih kepada ku.”

Manfaat doa Nabi Yusuf

Ada beberapa manfaat yang diharapkan dapat diperoleh dengan selalu membaca doa Nabi Yusuf alaihissalam, Diantaranya adalah:

  1. Dilindungi oleh Allah di Dunia dan di Akhirat
  2. Diwafatkan dalam keadaan Islam
  3. Dikumpulkan bersama orang-orang shaleh
  4. Memiliki pembawaan yang menarik
  5. Memiliki Akhlak yang baik
  6. Disukai oleh banyak orang
  7. Menjadi lebih menarik dan mempesona

 

Tags
Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close