Lainnya

Ciri ciri orang munafik menurut Islam

InfoIslam.id – Istilah munafik  (منافق ) adalah istilah dalam Islam tentang orang yang berpura-pura dalam keislamannya atau disebut juga muslim palsu. Orang munafik adalah segolongan manusia yang tercela dan disebutkan dalam Alquran. Pada dasarnya mereka secara lahiriah mengaku Muslim namun dalam hatinya menyembunyikan ketidakpercayaan, ketidaksukaan dan secara aktif berusaha melemahkan kaum muslimin dan agama Islam.

Orang Munafik menurut pendapat lain adalah orang yang di depan umum dan di masyarakat menunjukkan bahwa dia adalah seorang Muslim tetapi menolak Islam dan atau menentangnya baik di dalam hatinya atau ketika berada bersama musuh-musuh Islam, yakni sesama orang munafik lainnya atau orang kafir. Kemunafikan itu sendiri disebut nifak.

Jenis kemunafikan

  • Kemunafikan terhadap Allah

Kemunafikan terhadap Allah adalah jenis kemunafikan yang terkait dengan iman, yakni hanya beriman  di lisan saja padahal hatinya adalah kufur, sebagaimana Allah taala berfirman dalam Ayat berikut :

وَمِنَ ٱلنَّاسِ مَن يَقُولُ ءَامَنَّا بِٱللَّهِ وَبِٱلۡيَوۡمِ ٱلۡأٓخِرِ وَمَا هُم بِمُؤۡمِنِينَ

Di antara manusia ada yang mengatakan: “Kami beriman kepada Allah dan Hari kemudian,” pada hal mereka itu sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman. (Q.S. Al-Baqarah : 8)

Allah taala dalam ayat lain berfirman :

وَإِذَا لَقُواْ ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ قَالُوٓاْ ءَامَنَّا وَإِذَا خَلَوۡاْ إِلَىٰ شَيَٰطِينِهِمۡ قَالُوٓاْ إِنَّا مَعَكُمۡ إِنَّمَا نَحۡنُ مُسۡتَهۡزِءُونَ

Dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: “Kami telah beriman”. Dan bila mereka kembali kepada syaitan-syaitan mereka, mereka mengatakan: “Sesungguhnya kami sependirian dengan kamu, kami hanyalah berolok-olok”. (Q.S. Al-Baqarah : 14)

  • Kemunafikan terhadap prinsip keimanan

Adalah seseorang yang mengaku percaya kepada Allah, hari akhirat, hari kebangkitan, hisab atau timbangan amal, dan siksa neraka. Tetapi kenyataannya dia tidak takut sama sekali kepada Allah dengan tidak menahan diri dari perbuatan dosa atau perbuatan-perbuatan yang terlarang lainnya.

  • Kemunafikan terhadap sesama manusia

Kemunafikan jenis ini adalah seseorang yang bermuka dua dan berlidah dua. Orang munafik juga suka memuji orang lain ketika bertemu. Namun apabila telah pergi, dia akan mencelanya, menjelek-jelekkannya dan berusaha untuk menjatuhkan atau menyakitinya.

Ciri ciri orang Munafik Menurut Hadits

Nabi Muhammad Shallalahu alaihi wasallam telah menggambarkan beberapa ciri-ciri orang munafik sebagaimana hadits berikut ini :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ عَلَامَاتِ الْمُنَافِقِ ثَلَاثَةٌ إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا اؤْتُمِنَ خَانَ

Dari Abu Hurairah berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ciri ciri orang munafik ada tiga, yakni apabila berbicara niscaya dia berbohong, apabila berjanji niscaya mengingkari, dan apabila mendapat kepercayaan niscaya dia berkhianat. (H.R. Muslim, No.90)

Dalam hadits lain:

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مُرَّةَ عَنْ مَسْرُوقٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَرْبَعٌ مَنْ كُنَّ فِيهِ كَانَ مُنَافِقًا خَالِصًا وَمَنْ كَانَتْ فِيهِ خَلَّةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيهِ خَلَّةٌ مِنْ نِفَاقٍ حَتَّى يَدَعَهَا إِذَا حَدَّثَ كَذَبَ وَإِذَا عَاهَدَ غَدَرَ وَإِذَا وَعَدَ أَخْلَفَ وَإِذَا خَاصَمَ فَجَرَ غَيْرَ أَنَّ فِي حَدِيثِ سُفْيَانَ وَإِنْ كَانَتْ فِيهِ خَصْلَةٌ مِنْهُنَّ كَانَتْ فِيهِ خَصْلَةٌ مِنْ النِّفَاقِ

Dari Abdullah bin Amr berkata : “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Ada empat perkara, barangsiapa yang empat perkara tersebut ada padanya maka dia menjadi orang munafik sejati, dan apabila salah satu sifat dari empat perkara tersebut ada padanya, maka padanya terdapat satu sifat dari kemunafikan hingga dia meninggalkannya: jika berbicara selalu bohong, jika melakukan perjanjian melanggar, jika berjanji selalu ingkar, dan jika berselisih licik.” Dalam riwayat hadits Sufyan, ‘Apabila padanya terdapat salah satu sifat tersebut maka dia memiliki salah satu sifat kemunafikan’. (H.R. Muslim, No.88)

Dan juga Nabi Shallallahu alaihi wasallam bersabda,

Dari Abdullah bin Abdullah bin Jabr dia berkata, saya mendengar Anas berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “ciri ciri orang munafik adalah benci terhadap orang Anshar, dan tanda orang mukmin adalah mencintai orang Anshar.” (H.R. Muslim, No.108)

Baca juga :

Semoga sobat infoislam.id semua dapat terhindar dari sifat-sifat orang munafik, Amin ya Rabbal Alamin

Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close