Nikah

Cara Memilih Calon Istri Menurut Islam

Memiliki pasangan hidup yang ideal dan istri yang shalehah merupakan dambaan setiap Muslim laki-laki. Bagaimana tidak, hal ini dikarenakan perhiasan terbaik dunia adalah wanita shalehah. Rasulullah ﷺ bersabda :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَمْرٍو أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَا الْمَرْأَةُ الصَّالِحَةُ

Dari Abdullah bin ‘Amru bahwasannya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah.” (H.R. Bukhari No. 2668)

Wanita shalehah digambaran oleh Rasulullah ﷺ sebagai perhiasan terbaik dunia, dan hanya dapat diperoleh dengan pernikahan. Menikah merupakan sunnah Nabi ﷺ dan wajib bagi seseorang yang telah mampu untuk menikah agar segera menikah. Lantas bagaimanankah cara memilih calon istri yang ideal menurut Islam ? berikut infoislam membahasnya untuk Anda.

Cara Memilih Calon Istri

Allah ﷻ melalui lisan RasulNya ﷺ telah mengajarkan kita cara memilih calon istri yang terbaik, sebagaima yang kami rangkum pada poin-poin sebagai berikut :

1. Wanita yang baik agamanya

Rasulullah ﷺ bersabda :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَجَمَالِهَا وَلِدِينِهَا فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena agamanya. Maka pilihlah karena agamanya, niscaya kamu akan beruntung.” (H.R. Bukhari No. 4700)

Waniya yang terbaik adalah wanita yang memiliki pemahaman agama yang baik, dengannya ia akan mengetahui tugas-tugasnya, patuh terhadap suaminya, dan takut kepada Allah ﷻ.

2. Wanita Penyayang dan subur

Rasulullah ﷺ bersabda :

عَنْ مَعْقِلِ بْنِ يَسَارٍ قَالَ جَاءَ رَجُلٌ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ إِنِّي أَصَبْتُ امْرَأَةً ذَاتَ حَسَبٍ وَجَمَالٍ وَإِنَّهَا لَا تَلِدُ أَفَأَتَزَوَّجُهَا قَالَ لَا ثُمَّ أَتَاهُ الثَّانِيَةَ فَنَهَاهُ ثُمَّ أَتَاهُ الثَّالِثَةَ فَقَالَ تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ فَإِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمْ الْأُمَمَ

Dari Ma’qil bin Yasar, ia berkata; seorang laki-laki datang kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi sallam lalu berkata; sesungguhnya aku mendapati seorang wanita yang mempunyai keturunan yang baik dan cantik, akan tetapi dia mandul, apakah aku boleh menikahinya? Beliau menjawab: “Tidak.” Kemudian dia datang lagi kedua kalinya dan Beliau tetap melarangnya, kemudian ia datang ketiga kalinya lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Nikahkanlah wanita-wanita yang penyayang dan subur, karena aku akan berbangga kepada umat yang lain dengan banyaknya kalian.” (H.R. Abu Daud No. 1754)

3. Wanita ringan maharnya

Rasulullah ﷺ bersabda :

إِنَّ مِنْ يَمْنِ الْمَرْأَةِ تَيْسِيْرُ صَدَاقُهَا وَتَيْسِيْرُ رَحِمُهَا.

“Di antara kebaikan wanita ialah memudahkan maharnya dan memudahkan rahimnya.” (H.R. Ahmad)

4. Wanita yang baik perangainya 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ خَيْرُ نِسَاءٍ رَكِبْنَ الْإِبِلَ صَالِحُ نِسَاءِ قُرَيْشٍ أَحْنَاهُ عَلَى وَلَدٍ فِي صِغَرِهِ وَأَرْعَاهُ عَلَى زَوْجٍ فِي ذَاتِ يَدِهِ

Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Sebaik-baik wanita adalah yang dapat mengendarai unta. Sebaik-baik wanita Quraisy adalah adalah yang paling lembut dan simpati pada anak di masa kecilnya, dan paling bisa menjaga harta suaminya.” (H.R. Bukhari No. 4692)

Wanita yang baik perangainya adalah wanita yang mandiri dapat berkendara, yang paling lembut, memiliki simpati, dan dapat menjaga harta suaminya atau tidak boros.

 Baca Juga : Hukum Menikah Tanpa Restu Orang Tua

Demikianlah pembahasan tentang cara memilih calon istri menurut islam, semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan keislaman kita, Amin

Penulis Abu Abdillah

Tags
Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close