Shalat

Apa Hukum Aurat Terbuka Ketika Shalat

Shalat adalah rukun islam yang kedua dan merupakan kewajiban bagi setiap muslim untuk melaksanakannya. Namun terkadang ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi ketika shalat. Salah satunya adalah tersingkapnya aurat atau aurat terbuka ketika shalat. Lantas bagaimanakah pendapat Ulama tentang hal ini ? bagaimanakah hukum aurat terbuka ketika shalat ? berikut infoislam mengulasnya untuk anda.

Pendapat Ulama

Syaikhul Islam Muhammad ibn Shalih Al-Utsaimin rahimahullahu, ketika ditanya tentang hal ini Beliau menjawab :

Orang yang aurat terbuka ketika shalat tidak lepas dari beberapa keadaan :

  1. Bila ia sengaja atau membiarkannya, maka shalatnya BATAL, baik yang terbuka/tersingkap sedikit ataupun banyak, lama waktunya ataupun hanya sebentar
  2. Bila ia tidak sengaja dan yang terbuka cuma sedikit maka shalatnya TIDAK BATAL.
  3. Bila ia tidak sengaja dan yang terbuka banyak namun cuma sebentar seperti saat angin bertiup sedangkan ia dalam keadaan ruku. Pakaiannya tersingkap namun segera ia tutupi kembali maka pendapat yang rajih adalah shalatnya TIDAK Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ

Bertakwalah pada Allah semampu kalian” (QS. At Taghobun: 16).

  1. Bila ia tidak sengaja dan yang terbuka banyak, waktunya pun lama karena ia tidak tahu ada auratnya yang terbuka terkecuali di akhir shalatnya maka shalatnya BATAL dan tidak sah karena menutup aurat merupakan salah satu syarat sah shalat. Wallahu a’lam.

Tentang Kewajiban

Masih berkenaan dengan Poin ke-3 diatas, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

فَإِذَا أَمَرْتُكُمْ بِشَىْءٍ فَأْتُوا مِنْهُ مَا اسْتَطَعْتُمْ

Jika kalian diperintahkan pada sesuatu, maka lakukanlah semampu kalian” (HR. Bukhari no. 7288 dan Muslim no. 1337, dari Abu Hurairah).

Kewajiban itu ada yang memiliki pengganti (badal) seperti wudhu dan ada yang tidak memiliki pengganti seperti naik haji. Karena apabila tidak mampu maka kewajiban tersebut gugur.

.Sebagaimana Kaedah yang dikemukakan oleh para fuqoha tentang hal ini,

مَا لاَ يَتَبَعَّضُ فَاخْتِيَارُ بَعْضِهِ كَاخْتِيَارِ كُلِّهِ وَسُقُوْطُ بَعْضِهِ كَسُقُوْطِ كُلِّهِ

“Sesuatu yang tidak bisa terbagi-bagi, maka memilih sebagiannya sama dengan memilih seluruhnya. Dan ketika tidak mampu melakukan sebagiannya, maka gugur seluruhnya”.

Dalam hal ini mengenai tentang menutup aurat dalam shalat. Apabila seseorang tidak mampu menutup sebagian aurat dalam shalat, maka ia wajib menutupi bagian yang bisa ia tutup, wallahu ‘alam.

Baca Juga : Hukum Wanita Memakai Pakaian Ketat Ketika Shalat

Demikianlah pembahasan tentang hukum aurat yang terbuka ketika shalat, semoga bermanfaat dan semakin menambah wawasan keislaman kita, Amin

 

Tags
Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close