IbadahShalat

Bacaan dan Tata Cara Shalat Idul Adha sesuai Sunnah

Mayoritas Ulama (Jumhur Ulama) berpandangan bahwa hukum sholat idul adha adalah sunnah muakkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Olehnya orang yang tidak melaksanakan sholat tersebut, maka tidak berdosa namun ketinggalan pahala yang sangat besar. Sedangkan menurut mazhab Hanafi dan sebagian ulama mazhab Hambali, sholat idul adha hukumnya fardhu ‘ain. Wajib bagi setiap muslim mukallaf. Sehingga yang tidak mengerjakannya akan mendapat dosa.

Pendapat ini didasarkan pada Hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam yang memerintahkan seluruh muslim Madinah untuk mengikuti sholat idul adha, termasuk budak perempuan. Bahkan wanita yang sedang haid pun diperintah untuk datang, sebagaimana hadits berikut :

أَمَرَنَا رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَ سَلَّمَ أَنْ نُخْرِجَ فِيْ عِيْدَيْنِ العَوَاطِقَ وَالْحُيَّضَ لِيَشْهَدْناَ الخَيْرَ وَدَعْوَةَ الْمُسْلِمِيْنَ وَتَعْتَزِلَ الْحُيَّضُ الْمُصَلِّى

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kami keluar menghadiri Shalat Id bersama budak-budak perempuan dan perempuan-perempuan yang sedang haid untuk menyaksikan kebaikan-kebaikan dan mendengarkan khuthbah. Namun beliau menyuruh perempuan yang sedang haid menjauhi tempat shalat.” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Waktu dan Tempat Sholat Idul Adha

Waktu sholat idul adha dimulai ketika matahari setinggi tombak, dan dikerjakan secara berjamaah. Ibnu Qayyim Al Jauziyah menjelaskan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam biasa mempercepat pelaksanaan sholat idul adha. Dengan tujuan agar umat islam memiliki lebih banyak waktu untuk menyembelih hewan qurban.

Tempat pelaksanaan sholat idul adha lebih utama dilakukan di tanah lapang / terbuka, kecuali jika ada kendala seperti hujan, dll. Diriwayatkan dari Abu Sa’id Al-Khudri radhiyallahu ‘anhu:

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم, يَخْرُجُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَالأَضْحَى إِلَى الْمُصَلَّى

“Bahwasanya Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam biasa keluar pada hari raya ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha menuju tanah lapang”. (H.R. Bukhari dan Muslim)

Sunnah Idul Adha

Dianjurkan bagi seorang Muslim yang hendak pergi melaksanakan shalat Idul Adha, untuk memperhatikan dan melakukan hal-hal sebagi berikut :

  1. Mandi sebelum berangkat shalat
  2. Memakai pakaian yang baik, rapi, dan menutup aurat
  3. Memakai parfum atau wewangian bagi laki-laki
  4. Mengajak seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak untuk ikut shalat
  5. Bertakbir saat menuju tempat shalat dengan lafaz :

    اللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَرُ اللَّهُ أَكْبَرُ وَلِلَّهِ الْحَمْدُ

  6. Berjalan kaki dan mengambil jalan yang berbeda saat pergi dan pulang dari shalat

Bacaan dan Tata Cara Shalat Idul Adha

Sebelumnya perlu diketahui bahwa dalam pelaksanaan shalat Idul Adha itu, tidak ada Adzan, Iqomah, dan Shalat sunnah Qobliah dan Ba’diyah. Selain itu sholat ini hanya berjumlah 2 rakaat dan diiringi dengan khutbah idul adha. Berikut ini adalah bacaan dan tata cara shalat idul adha :

Pada Rakaat Pertama :

  1. Niat Ikhlas karena Allah
  2. Takbiratul ihram
  3. Takbir lagi (takbir zawaa id) sebanyak 7 (tujuh) kali dengan membaca pada tiap takbirnya : سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَر
  4. Membaca surat Al Fatihah dilanjutkan surat lainnya
  5. Ruku’ – I’tidal – Sujud – Duduk antara 2 Sujud – Sujud kedua
  6. Bangkit dari sujud 

Pada Rakaat Kedua :

  1. Takbiratul ihram
  2. Takbir lagi (takbir zawaa id) sebanyak 5 (lima) kali dengan membaca pada tiap takbirnya : سُبْحَانَ اللَّهِ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ وَلَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَاَللَّهُ أَكْبَر
  3. Membaca surat Al Fatihah dilanjutkan surat lainnya
  4. Ruku’ – I’tidal – Sujud – Duduk antara 2 Sujud – Sujud kedua
  5. Bangkit dari sujud dan Duduk tasyahud dengan tuma’ninah
  6. Salam

Setelah shalat selesai, maka dilanjutkan dengan mendengarkan khutbah Idul Adha. Meskipun hukum mendengarkan khutbah adalah Sunnah, namun lebih baiknya untuk tetap duduk dan mendengarkannya agar pahala kita sempurna.

Demikian uraian tentang Bacaan dan Tata Cara Shalat Idul Adha sesuai Sunnah, semoga bermanfaat ya!

Tags
Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close