AmalanDoa dan Dzikir

Anjuran Berdoa dan Keutamaan Berdoa Dalam Islam

Bagi seorang muslim berdoa sudah merupakan rutinitas harian, bagaimana tidak, ketika seorang muslim beraktifitas mulai dari bangun tidur hingga hendak tidur kembali, maka dianjurkan berdoa dan memang ada doanya. Sebahagian orang berpendapat bahwa interaksi antara seorang Hamba dan TuhanNya adalah doa, tidak salah memang, namun yang lebih tepat doa adalah “permintaan” atau “meminta” kepada Allah ﷻ berupa kebaikan atau terhindar dari keburukan. Selain itu bagi umat islam doa juga bermakna ibadah karena “sholat” pada hakekatnya adalah doa dan merupakan kewajiban bagi setiap muslim untuk melaksanakannya. Mengingat pentingnya berdoa, pada artikel ini infoislam.id akan berbagi info islam tentang anjuran berdoa dan keutamaan berdoa menurut ajaran islam, sebagai berikut.

Anjuran Berdoa

Anjuran untuk berdoa adalah seruan agar berdoa atau meminta kepada Allah sebagaimana dalam dalil berikut disebutkan, Allah ﷻ berfirman :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدۡعُونِيٓ أَسۡتَجِبۡ لَكُمۡۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسۡتَكۡبِرُونَ عَنۡ عِبَادَتِي سَيَدۡخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ 

“Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (Q.S. Ghafir : 60)

Ayat ini merupakan karunia dari Allah ﷻ karena Allah ﷻ akan menjamin untuk mengabulkan doa orang-orang yang berdoa kepadanya. Sebaliknya bagi orang-orang yang sombong maka disediakan untuknya neraka Jahannam, Naudzubillahi min dzalik

Keutamaan Berdoa Berdasarkan Al-Quran

Adapaun manfaat dan keutamaan berdoa adalah sebagaimana yang infoislam.id berhasil rangkum dari Al-Quran adalah sebagai berikut :

1. Mententramkan Hati

Ketika seorang Muslim berada dalam gundah-gulana, kesulitan, ataupun kesempitan hidup, maka tempat kembali hanyalah Allah semata, yaitu dengan mengingatNya dan berdoa kepadaNya. Dengan demikian maka hati akan menjadi tentram. Allah ﷻ berfirman :

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطۡمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكۡرِ ٱللَّهِۗ أَلَا بِذِكۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَئِنُّ ٱلۡقُلُوبُ

“Orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (Q.S. Ar-Ra’d : 28)

2. Menampakkan Keagungan Allah

Ketika seorang hamba berdoa sedang ia berada dalam kesusahan, kesedihan, dan masalah, lalu Allah ﷻ tiba-tiba mengabulkan doanya dan mengatasi masalahnya, maka dengan ini Allah telah menampakkan keagunganNya serta KuasaNya. Allah ﷻ berfirman :

أَمَّن يُجِيبُ ٱلۡمُضۡطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكۡشِفُ ٱلسُّوٓءَ وَيَجۡعَلُكُمۡ خُلَفَآءَ ٱلۡأَرۡضِۗ أَءِلَٰهٞ مَّعَ ٱللَّهِۚ قَلِيلٗا مَّا تَذَكَّرُونَ 

“Atau siapakah yang memperkenankan (doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati(Nya).” (Q.S. An-Naml : 62)

 Keutamaan Berdoa Berdasarkan Hadits

Adapaun manfaat dan keutamaan berdoa adalah sebagaimana yang infoislam.id berhasil rangkum dari Hadits adalah sebagai berikut :

1. Ibadah

Doa itu termasuk ibadah karena merupakan perintah dari Allah ﷻ dan RasulNya Muhammad ﷺ. Apa-apa yang dipernitahkan oleh Allah dan RasulNya maka tentu akan bernilai ibadah dan mendapatkan pahala. Sebagimana diterangkan dalam hadits berikut :

عَنْ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيرٍ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ الدُّعَاءَ هُوَ الْعِبَادَةُ ثُمَّ قَرَأَ وَقَالَ رَبُّكُمْ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ

“Dari Nu’man bin Basyir dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sesungguhnya do’a adalah ibadah.” Kemudian beliau membaca firman Allah: “Berdo’alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu.” (H.R. Ibnu Majah No.3818)

2. Menolak Takdir Allah

Takdir setiap manusia telah ditentukan oleh Allah ﷻ, namun ternyata masih ada yang dapat merubah takdir, yaitu doa. Seseorang yang berdoa kepada Allah dengan meminta perlindungan misalnya, maka ia akan terlindungi dan terhindar dari bencana walaupun sebenarnya ia ditakdirkan untuk terkena bencana. Sebagaimana diterangkan dalam hadist berikut :

عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَا يَزِيدُ فِي الْعُمْرِ إِلَّا الْبِرُّ وَلَا يَرُدُّ الْقَدَرَ إِلَّا الدُّعَاءُ وَإِنَّ الرَّجُلَ لَيُحْرَمُ الرِّزْقَ بِخَطِيئَةٍ يَعْمَلُهَا

“Dari Tsauban ia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: ” Tidak menambah umur kecuali perbuatan baik, tidak ada yang menolak takdir kecuali doa, dan sungguh, seorang laki-laki tertahan dari rizkinya karena kesalahan yang telah ia lakukan.” (H.R. Ibnu Majah No. 87)

3. Allah tidak murka kepadanya

Salah satu penyebab kemurkaan Allah ﷻ adalah orang-orang yang sombong dan enggan meminta kepadaNya. Untuk itu agar terhindar dari murka Allah, maka seseorang haruslah rajin berdoa kepadaNya. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مَنْ لَمْ يَدْعُ اللَّهَ سُبْحَانَهُ غَضِبَ عَلَيْهِ

“Dari Abu Hurairah dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barang siapa yang tidak berdo`a kepada Allah subhaanahu, maka Allah akan murka kepadanya.” (H.R. Tirmidzi No. 3817)

Baca Juga : Doa Sayyidul Istighfar dan Keutamaannya

Demikian pemhasan tentang keutamaan dan ajuran berdoa dalam Islam, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan keislaman kita, Amin

Tags
Lihat Lagi

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close